Jajanan Noesantara Tempo Doeloe

Minggu 19 Mei 2013, skejul gw siang ini ke mol Kelapa Gading yang menggelar acara Jakarta Fashion & Food Festival 2013 (Je Ef Tri). Gw sendiri tau acara ini dari temen, dia cerita kalo salah satu temen sma ada yang buka lapak makanan, dan kami sebagai manusia2 yang doyan makan, fashion mah nggak minat2 amat (keliatan dari bodi), sepakat mau meninjau lapaknya itu, ceile meninjau, macam pejabat 😀

Sampai tekape, temen belon dateng, mulailah gw berkeliling sambil jepret sana jepret sini. Di loket, gw liat ada buku “Boulevard” buletin gratis dari mol Kelapa Gading. Menurut buletin, tema jajanan di sini adalah Kampoeng Tempo Doeloe, artinya pengunjung dapat menikmati aneka masakan nusantara dalam suasana Djakarta tempo doeloe. Tempat berjualannya dibuat seperti rumah2 gaya pecinan, eh apa karena kawasan ini mayoritas penduduknya ber-etnis cina ya hehehe..

Oya, sebelum jajan, pengunjung bisa beli kupon di loket. Bentuknya uang kertas jaman londo (Belanda). Contohnya, dengan uang 50ribu, gw dapet 5 lembar uang 10 (sepoeloeh roepiah) or tien gulden yang dikeluarin oleh De Javasche Bank alias Bank Jawir 🙂 Pecahan lain yang tersedia adalah 1 (satoe roepiah=een gulden), 5 (lima roepiah=vijf gulden), dan 20 (doepoeloeh roepiah=twintig gulden). Ngetik sama baca sama ribetnya, untung sekarang udah nggak pake ejaan lama.

Masuk ke dalam disambut dengan jejeran penjaja makanan. Mereka menjual makanan khas dari daerah masing2. Jakarta menjual makanan tradisional kerak telor, es selendang mayang, es doger, mie juhi, nasi uduk, nasi ulam, roti buaya dll.

Dari Jawa tengah kota Solo, ada Pring Gading yang menjual nasi langgi, timlo, selat, dan serabi. Kota tetangganya Jogja, menjual nasi gudeg Bu Tjitro yang terkenal banget, dan nasi kucing sambel gledek. Karena gw pernah tinggal di Jateng lumayan lama (ah sombong deh), sedikitnya paham menu2 tsb. Eh, nasi kucing tuh bukan nasi buat meong ya, tapi nasi sekepel, dikasih ikan bandeng+sambel secuwil. Nah kenapa dibilang nasi kucing? Karena kucing doyannya ikan hehehe… Dan sambel yang pedes dihiperbola menjadi sambel gledek saking pedesnya.

Dari Sumatera ada lapak kue2 tradisional, rujak kolam, bihun bebek Medan Suki, sate Padang Mak Syukur, Mie Aceh Seulawah dll.

Di stand Sunda, selain dijual siomay Dago, soto mie Bogor, toge goreng, dan tahu gejrot, ada juga dagangan yang ditata di atas gerobak mirip pedati/dokar, unik deh.

Capek keliling, perut ajojing minta diisi. Pilihan jatuh ke nasi ulam Bu May khas Betawi, karena gw penasaran sama rasanya. Isinya tuh nasi yang dicampur dengan serundeng dan kacang, lauk pelengkapnya ada dendeng, tempe, telor dadar, teri, bihun, semur tahu, sambel kacang, emping+kerupuk, plus lalap timun+kemangi seharga 25k. Rasanya gurih dan sangat mengenyangkan.

Siang ini pengunjung asyik makan sambil bercengkrama dengan keluarga, dan buat gw yang dateng sendirian asyik2 aja makan sambil ditemenin lagu2 lawas dari Keroncong Tugu.

Lagi enak2 makan, tiba2 gerimis. Wah mesti siap2 cari tempat neduh nih. Untung makanan gw udah mo abis. Karena ujannya jadi lumayan lebat, gw melipir dulu ke mol gading sambil ngadem ngilangin keringet.

Akhirnya temen gw nongol juga, kami berdua ngaso sebentar numpang mimi2 di foodcourt MKG3. Di lantai bawah sekilas kami lihat ada fashion shownya. Kemudian kami balik lagi ke La Piazza tempat temen buka lapak, misi kami sebenarnya dateng ke acara ini. Cari punya cari, sempet2nya kami nyeruput es doger dulu mengenang jajanan jaman sma.

Dan akhirnya ketemu juga tuh lapaknya temen, padahal udah beberapa kali ke situ, tapi karena dia nyempil di belakang jadi nggak nampaklah wujudnya 😀

Berniat mau beli dagangan doi, tapi yaowo…yang antri udah kayak bebek, temen gw aja nggak sempet ngobrol banyak karena konsen nyiapin pesenan, yaeyalah mau disorakin pembeli?! Woi reunian ya, ikutan dong..!

Padahal gw udah nepsong mau cobain tahu pletok, tahu aci sama tahu slawinya. Katanya pake resep mertua, pasti enak deh, abis yang antri sampe kayak gitu *lap iler*

Berhubung gw udah dijemput misua, acara kongkow2 sama temen mesti diakhiri. Salut deh sama temen gw en pasangan yang laris manis dagangannya, sukses terus yaaa! Sstt, next time gw dikasih tester dong biar nggak penasaran 😀

Buat yang kemaren2 belon bisa dateng ke acara ini, masih ada waktu kok karena acaranya digelar sampai tgl 26 Mei 2013, buka Senin-Jumat pkl 16.00-22.00, dan Sabtu-Minggu pkl 11.00-23.00. Ayo buruan yak, kenali, cicipi, dan cintai kuliner negeri sendiri di Kampoeng Tempo Doeloe! 🙂

Fb : Jakarta Fashion Food Festival

twitter: @JFFF_info

Posted in Food | 2 Comments

BANGKOK Day 4 – Pulang

Melek mata, otak langsung mikir. Perasaan campur aduk, antara seneng hari ini mau pulang, dan sedih karena waktunya masih kurang buat ngiterin Bangkok plus wilayah lain di Thailand. Eh tapi dengan begitu, gw masih punya alesan dong untuk balik lagi ke sini hehehe 😀

Sebelum ninggalin kamar, kami periksa2 lagi supaya nggak ada yang ketinggalan. Kelar sarapan, kami turun ke bawah untuk check out. Temen gw berempat naik taksi yang udah dipesan sehari sebelumnya. Mereka patungan ke bandara Don Mueang , sementara gw nebeng sampai Asok naik BTS ke Phaya Thai.

Sampai Phaya Thai, gw beli tiket berupa token merah untuk City line. Nunggu 10 menit keretanya nongol. Cuma ternyata agak lama juga jalan ke bandara. Untung gw berangkat awal, jadi kalo ada kejadian angkutan umumnya nelat, masih ada cukup waktu.

Sampai bandara mesti naik lagi 4 lantai, gw lupa kalo nih bandara segede bagong. Bagus sih cuma nggak sempet liat2, soalnya udah waktunya check in. Buru2 cari toko coklat buat ngabisin baht, karena sampai Indonesia kursnya nggak bagus. Gw mesti lari2 takut telat, mana nggak punya air minum lagi..duh. Kalo di Jakarta ruang tunggu sama restoran/toko minuman masih deket lokasinya, nah di sini serba jauh, yang deket cuma toilet doang 😦

IMG-20130424-00732_blog

IMG-20130424-00733_blog

IMG-20130424-00734_blog

Di bagian Custom tas gw disuruh buka. Karena merasa nggak bawa barang2 terlarang dan nggak melanggar aturan, gw tenang aja. Petugasnya cuma cek secara random. Lucunya, bule di depan gw moso bawa minyak goreng 1 liter!? Keruan aja si petugas ngoceh2, si bule belagak bego 😀 Jadi nggak usah coba2 yah, bandara di sini ketat lho, daripada bikin jantungan, mendingan nggak usah deh 🙂

Pesawat take off on time. Thank God. Penerbangan berjalan mulus sampai Bandara Soetta. Mau naik bis DAMRI jurusan Pasar Minggu nunggunya lama bener. Jadilah gw naksi lagi sampai rumah. Nggak papa deh biar cepet 🙂

Buat yang mau pelesir ke Bangkok, jangan kuatir. Transportasi benar2 dimudahkan, harga makanan dan belanja belanji kurang lebih sama kayak di Indonesia. Untuk hotel juga tersedia beragam pilihan tergantung tujuan pelesir dan kocek tentunya 😀

So, selamat jjs ke Bangkok yaaa!!

Monggo ceki2 link berikut buat nambah2 ilmu 😀

1. Hotel, tour, 10 ten, atraksi, restoran, shopping, nightlife, sampe map BTS & MRT bisa dilihat di sini

2. Guide travel & shopping bisa dilihat di sini

3. Harga tiket kalo mau naik BTS bisa dilihat di sini

4. Harga tiket kalo mau naik MRT bisa dilihat di sini

5. Naik kapal di Chao Phraya River bisa dilihat di sini

6. Guide naik BTS

7. Guide naik MRT

Posted in Backpackeran | Leave a comment

BANGKOK Day 3 – Vimanmek, Ananta, dan Siam Niramit Show

Beda dengan kemarin, pagi ini cuaca sangat bersahabat, terik nggak, ujan juga nggak, sedikit mendung dan berangin. Kelar sarapan Khao Pad, seperti biasa gw nyelipin roti-sosis-apel-rambutan ke dalam tas buat bekal sebelum makan siang.

Hari ini skejulnya nerusin tempat wisata (tiketnya udah sekalian jadi satu waktu beli tiket Grand Palace yang mahal kemarin). Sementara 3 temen yang lain baru mau ke Wat Pho, dan siangnya janjian ketemu di Siam untuk barengan ke Madame Tussauds.

Dari Asok, gw sama temen naek BTS dan turun di Victory Monument. Dari sini kami lanjut mau naik taksi/tuk2. Tapi liat kondisi jalan yang lumayan padat, dan tuk2 nggak keliatan batang hidungnya, akhirnya kami sepakat naik ojek.

Sampai di Vimanmek Mansion, ternyata belum buka. Masih setengah jam lagi kami nunggu di taman. Enak duduk2 di sini, banyak pohon, dan bersih. Bahkan disediakan pula bangku2 taman untuk smoking area.

S0025004_blog

S0954138_blog

S0994143_blog

Nggak berapa lama, mulai dateng bis2 rombongan tur. Oemji, tiap hari ketemu rombongan. Bakalan penuh deh. Nggak heran karena tingkat pariwisata di Thailand memang tinggi.

Sebelum masuk ke Vimanmek Mansion, kami harus menunjukkan tiket yang kemarin dibeli. Setelah verifikasi, kami menuju loker untuk menyimpan tas dan kamera/hp, karena di tempat ini tidak boleh memotret. Bahkan sebelum masuk rumah, kami harus membuka alas kaki di tempat penyimpanan sepatu.

Katanya bangunan ini disebut sebagai bangunan dari kayu jati terbesar di dunia. Selama 5 tahun istana ini pernah menjadi kediaman resmi Raja Rama V di awal abad ke 20.

S0185035_blog

S0275051_blog

Di dalam disimpan koleksi milik Raja Rama V yang berasal dari penjuru dunia seperti perabotan dari Eropa dan macam2 benda kenangan selama kunjungan beliau ke benua tersebut. Semuanya bersih dan terawat lho! Oya, karena nggak boleh foto2, gw copy paste gambar dari internet ya.

Vimanmek_Mansion

Dari sini kami lanjut lagi ke Ananta Samakhom Throne Hall. Lokasinya nggak jauh dari mansion. Disediakan juga free shuttle car, lumayan hemat tenaga 🙂

Sampai lokasi kami harus menitipkan tas dan kamera lagi, karena lagi2 ada larangan memotret 😦 Di sini juga diharuskan memakai pakaian yang sopan, dan cewek kudu pake rok panjang, kalo pake celana panjang, tetep diharuskan memakai kain penutup, supaya nggak disuruh beli, mendingan bawa kain sendiri. Kalo gw bawa kain yang kemarin beli aja, jadi hemat 40 bath.

S0465081_blog

S0585102_blog

Gedung ini bergaya Italia Renaissance. Dari bahan, arsitek sampai pengrajinnya didatangkan dari negara itu. Dulunya tempat ini dipakai untuk upacara kerajaan dan kenegaraan, serta tempat pertemuan Majelis Nasional. Lalu beralih fungsi menjadi museum dan tempat pameran berskala nasional. Bangunannya terdiri dari dua lantai dengan satu kubah besar sebagai pusatnya, dan 6 kubah kecil di sekelilingnya. Bagian dalam kubah dan dinding ditutup dengan lukisan yang menggambarkan sejarah Dinasti Chakri dari pemerintahan pertama sampai keenam. Waktu kami ke sana, sedang ada pameran Masterpieces from Sirikit Institute, Chitralada Villa. Dan karena tidak boleh potret2, gambarnya gw ambil lagi dari internet.

Ananta2

Ananta

Ananta1

Ananta3

Gedung dan koleksinya keren, baru masuk aja udah bikin nganga. Ada remote untuk tiap koleksinya, jadi kita bisa tahu koleksi itu terbuat dari apa, dibuat dalam rangka apa dan tahun berapa. Ada ukiran kayu bolak balik, ada ukiran singgasana emas, ukiran patung Budha, ukiran kapal kerajaan emas, lukisan2, meja makan resmi kerajaan lengkap dengan pernak perniknya, dstnya. Kesan gw? Bagoeeess….! 😀

Tujuan berikutnya adalah Museum Lilin Madame Tussauds. Dari sini kami naik tuk2, untung sopirnya nggak banyak tingkah kayak kemaren. Lanjut naik BTS National Stadium, dan turun di Siam. Di sini kami numpang makan siang, numpang ngadem plus duduk di foodcourt Siam Center sambil buka bekal 🙂

Kelar makan, 3 temen lainnya ikut bergabung menuju Museum Madame Tussauds. Sampai sini gw nuker voucher tiket karena kami beli online jadi lebih murah. Wuah asyik banget lho foto2 di sini, apalagi ada patung Pak Soekarno, bangga bener rasanya bisa foto2 bareng beliau 😀

S0735133_blog

Kalo dateng sendirian, jangan kuatir, mbak2nya siap bantu buat motoin kita kok 🙂 Kelar foto2 bergaya narsis, kami pisah lagi, gw dan temen lanjut mau nonton Siam Niramit Show, dan temen2 yang lain lanjut shopping. Ya, di Siam ini memang pusat mol2 di Bangkok. Kalo mau ke Siam Paragon dan MBK lokasinya cuma berjarak sepelemparan batu.

Kami naik BTS ke Asok, lanjut MRT ke Thailand Culture Centre. Dari sini akan ada mobil jemputan khusus untuk show tsb.

S0977185_blog

Perjalanan naik mobil jemputan cuma 15 menit. Sampailah kami di lokasi. Seperti biasa kami menukar voucher tiket beli online dengan tanda masuk. Habis itu tiba2 kami difoto dengan “mbak2 among tamu”, dalam hati mikir, pasti nanti cetak foto disuruh bayar deh. Kalo murah gpp, tapi kalo mahal nanti dululah 🙂

Sampai di dalam ada pertunjukan musik tradisional dan toko2 souvenir yang harganya beda jauh sama di Chatuchak. Acaranya sendiri memang baru dimulai jam 8 malam. Jadi kami masuk dulu ke Thailand Village. Isinya ada rumah kampung, cemilan kampung, kerajinan kampung, dll. Menurut gw sebenarnya masih jauh lebih kaya budaya Indonesia, tapi mereka pintar mengemas dengan apik, bikin turis2 bule itu terkagum2.

S0678119_blog

S0728125_blog

S0638114_blog

S0668117_blog

Di sini kami juga boleh icip2 penganan tradisional mereka, lumayan buat ganjel perut 🙂

S0768129_blog

S0398073_blog

Sekitar jam 7, tari2an di lapangan dimulai. Tariannya pun menurut gw gerakannya sederhana. Mereka menari dan melibatkan para turis untuk turut serta menari bersama.

S0988160_blog

S0039003_blog

Selesai tarian, kami masuk ke gedung. Sebelumnya kami harus menitipkan kamera karena selama pertunjukkan dilarang memotret. Dan ternyata, pertunjukkannya keren bener, gw kagum banget. Isinya tentang sejarah Thailand waktu masih bernama Siam, juga tentang kehidupan rakyatnya, dan filosofi yang dianut mereka. Set panggung dibuat dengan sungai yang isinya air beneran lho, lengkap dengan puluhan penari berkostum mewah, dan pergantian tata panggung yang megah luar biasa. Acung 4 jempol deh! 😀 (foto2 copy paste dari internet ya)

Siam_Niramit8

Siam_Niramit9

Siam_Niramit10

Siam_Niramit7

Seperti biasa, di tengah show mereka kembali dengan pintarnya melibatkan seorang turis untuk berakting dalam adegan intermezo. Mungkin ini taktik mereka supaya para penonton tetep melek karena show baru separuh berjalan.

Selesai show, nggak lupa kami mengambil kamera lalu naik lagi mobil jemputan untuk dianter kembali ke MRT Thailand Culture Centre. Oya, kami nggak beli fotonya karena harganya lumayan mahal buat kantong, 250 baht 😦 Kami naik MRT menuju Sukhumvit. Balik ke hotel, mandi, packing2 supaya besok bisa bangun siang. Habis itu bobo deh. Puas banget hari ini 🙂

Lanjut BANGKOK Day4 – Pulang ya! 😀

BANGKOK Day 2 – Wat Pho & Grand Palace

S0252045_blog

WAT PHO

Sampai di dermaga kami jalan lewatin pasar, cuma agak sepi, apa karena udah siang kali ya. Sempet ketemu ibu2 yang jualan kain, cuma nggak bisa ditawar, harganya pas. Terus naksir mau beli mangga kayaknya seger banget, tapi berhubung tujuan masih banyak, akhirnya ditunda dulu deh.

Ternyata jalan kaki ke Wat Pho deket kok, keluar dari pasar kami nyebrang terus belok kanan, nggak berapa lama sampe deh di depan gerbangnya. Kami beli tiket seharga 100 baht. Sebelum masuk harus buka alas kaki dulu, dan dibawa pake tas jinjing yang dipinjemin dari tempat itu. Oya, di sini juga pakaian harus sopan, pake baju/kaos berlengan, dan celana/rok panjang, topi juga harus dibuka.

S0102016_blog

Wat Pho jadi destinasi yang wajib dikunjungin karena sebagai kuil tertua dan terbesar di Bangkok, kuil itu punya patung Budha tidur (Reclining Buddha) yang terpanjang di Thailand, sepanjang 46m, tinggi 15m, terbuat dari bata, gips, dan lapisan emas. Hm, coba bisa gw potek trus bawa pulang ke Jakarta 😀

S0132021_blog

Telapak kakinya dilapisi 108 lakshana (lambang suci Budha), terbuat dari mutiara dan jadi karya seni yang keren banget.

S0292051_blog

Di bagian belakang patung ini ada108 mangkok perunggu sebagai lambang sifat-sifat keberuntungan Budha. Jadi kalo kita taruh koin di mangkok ini, sebagai niat untuk memberi donasi, niscaya kita akan beruntung.

S0392072_blog

Sampe pintu keluar, kami pake sepatu lagi dan nggak lupa balikin tas jinjingnya.

Karena ngerasa capek, kami duduk2 dulu di bawah pohon. Lumayan ngadem bentar. Cuacanya panas banget, dan banyak orang, rombongan dari tur gitu. Oya, di tempat ini kita bisa nuker tiket masuk dengan sebotol air mineral, khusus untuk turis. Lokasinya ada di belakang.

S0452082_blog

Setelah  ngerasa cukup istirahat, gw berdua temen jalan lagi dengan tujuan Grand Palace. Deket Wat Pho ada ibu2 jualan buah mangga sama nanas. Wah panas2 gini kayaknya enak nih makan buah, seplastik harganya 20baht.

S0752131_blog

Abis itu kami jalan lagi, belok kanan nyusurin trotoar besar, dan di sisi kiri ada tembok putihnya Grand Palace yang puanjaaang banget. Sampe pertigaan jalan ada patung gajah pink, disitu kami disamperin bapak2 yang ngomong kalo tempat wisata itu ditutup. Cuma gw cuek aja karena udah tahu dari browsing internet bahwa ini termasuk salah satu modus penipuan di situ. Jangan tertipu ya, karena Grand Palace selalu buka setiap hari, kecuali ada acara keagamaan atau hari libur resmi Thailand. Kalo kita percaya sama bapak itu, kita akan disaranin untuk pergi ke tempat2 lain yang kurang terkenal dan dianter dengan tuk2 yang udah kongkalikong sama dia.

S0782135_blog

S0932152_blog

Dari pertigaan patung gajah itu, kami masih kudu belok kiri dan jalan jauuuuh lagi ke gerbangnya. Buset deh, kaki gw sampe lecet gara2 jalannya jauh banget, plus diterpa mentari tengah hari bolong yang hot ajah fiuuh… Tapi demi Grand Palace, meskipun terseok2 tetep gw jabanin, karena bagi gw belon sah ke Bangkok kalo belon nginjekin kaki di Grand Palace 😀 Buat yang nggak kuat jalan jauh, bisa naek tuk2, tawar aja sekitar 40-50baht.

S0982160_blog

Sampe depan gerbang Grand Palace banyak banget orang yang keluar masuk. Baru ngeh kalo perut meronta2 karena honger. Karena tau bakalan lama di dalem, kami nyebrang dulu cari makan di kawasan pertokoan. Cari punya cari nemu juga satu ruko dengan harga terjangkau. Gw pesen Khao Pad  : nasi gorengnya Thailand. Rasanya? Hmm bagi gw, teteup nasgor negeri sendiri juaranya 😀

S0053010_blog

S0123020_blog

Kelar makan dan berasa punya energi lagi, kami jalan lewatin toko2 ke arah palace. Liat punya liat, naksir kain di salah satu toko, dan setelah dengan gigih menawar, akhirnya dikasih juga tuh kain dengan harga termurah dibandingin toko2 sebelah dan toko di Chatuchak, lumayann.. 🙂

Akhirnya, kami masuk juga ke Grand Palace. Kesan pertama, auwooo..luas banget yak! Orang yang dateng juga buanyak bener, ampe puyeng rebutan spot buat moto. Dan tiketnya ternyata naek jadi 500baht! Giling, kapan naeknya coba, terakhir browsing masih 400an 😦

S0353057_blog

S0363058_blog

Mengingat dan menimbang, kalo tiket itu udah sekalian ama tiket terusan beberapa destinasi, mau nggak mau, suka nggak suka, ogah tapi mau, gw beli deh tuh tiket. Sia2 dong jari pada lecet, apa kata kaki coba?! 😦

S0493077_blog

S0513081_blog

Masuk ke dalam, wuiihh….kinclong pisan, emas koneng di mana2. Jangan lupa pake kacamata cengdemnya, biar nggak silau men 🙂

S0084009_blog

S0144016_blog

Mau masuk ke kuil di bawah, alas kaki dan topi harus dibuka. Kalo lupa pasti ada petugasnya yang mengingatkan dengan ramah 🙂

S0054006_blog

S0823130_blog

S0743112_blog

Kalo capek, di sini ada beberapa gazebo untuk duduk, tapi sekali lagi, karena ini tempat suci, kita harus menghormati aturan maennya. Alas kaki dan topi tidak boleh dipakai, silakan selonjorkan kaki dan nikmati semilir angin. Tapi kalo tetep ngeyel maksa make sepatu or nggak buka topi, petugasnya berubah jadi galak lho, siap2 aja disemprit prritt!! Kesel kali ya sama turis2 yang bandel 😀

Dari sini kami lanjut lagi jalan ke belakang, ternyata kompleks ini penuh dengan bangunan2 keren, dan terawat! Ini yang patut ditiru sama negara kita, 4 jempol deh buat dinas pariwisata Thailand 🙂

S0594085_blog

S0544079_blog

S0534078_blog

Puas ngiter2 di sini, gw sama temen nyeret kaki cari pintu exit. Tadinya rencananya mau balik lagi lewat Chao Phraya river, terus ke tempat hang out baru Asiatique Riverfront. Tapi apalah daya, berhubung energi udah terkuras, kami memutuskan untuk pulang pake tuk2 or taksi ke stasiun MRT terdekat Hua Lumpong.

Sebel deh, di sini susah cari taksi pake argo, mereka main nembak aja 300 baht. Hah, 300baht dari hongkong, eh bangkok…enak aje. Akhirnya kami nyamperin tuk2. Udah tawar2an cepe, pas duduk (mana naeknya rada susah karena tinggi), si supir dengan manisnya ngomong kalo kita nanti dianter ke toko jewelry gitu biar dia dapet voucher bensin. Pantesan tadi baek2in gw foto pake tuk2. Tapi tetep aja nggak ngaruh buat kami, karena tau ini juga salah satu tipuan terkenal di tempat ini, kami nolak dengan alesan buru2 ada janji sama orang. Dia kekeuh nggak mau, ya udah kami turun lagi cari tuk2 laen. Dasar gemblung, tau gitu kan gw nggak mau naek dulu 😦

S0724104_blog

Kami jalan lagi, nggak berapa lama sopir tuk2 laen manggil. Nggak mau ketipu lagi kayak tadi, gw nawar2 langsung pasang muka kenceng en ngomong, “to Hua Lumpong station, 100baht, no stop.” Dia masih berusaha nawar2 lagi, kami udah siap mo jalan. Akhirnya “Ok Mam, 100baht, no stop.”

Baru aja nih pantat nemplok di jok, dan kaki temen gw satunya masih napak di aspal, eh dia udah langsung tancap gas ngepot!! Asem juga nih sopir *pegangan tiang kenceng2*

Duapuluh menitan, sampe di stasiun MRT Hua Lumpong, sekilas mirip stasiun Jatinegara, tapi bersih. Kalo bingung, ada Tourist information di depan pintu masuk, jadi nggak usah kuatir. Oya, MRT tidak masuk ke dalam, tapi di ujung kanan yang ada eskalator untuk turun.

S0744108_blog

S0754109_blog

Duduk manis di MRT, nyesss adem. Turun di Sukhumvit, pulang deh ke hotel. Mandi, rebah2an, cek2 foto, ketiduran. *Mimpi nabokin sopir tuk2* 😀

Kalo belon bosen, lanjut lagi ke BANGKOK Day 3 – Vimanmek, Ananta, Siam Niramit Show. Tapi kalo bosen, diliat aja sambil baca2, haisszz ??! 😀

Posted in Backpackeran | 4 Comments

BANGKOK Day 2 – Chao Phraya & Wat Arun

Bangun2 udah jam 4.30 pagi, kebiasaan rutin di Jakarta. Lihat ke jendela, duh kok kilat2 yah?! Pake suara gluduk2 pula.. Kelihatan mobil2 di parkiran basah. Piye kie, mana hari ini skejulnya kelayapan di luar semua. Lirik tempat tidur sebelah, temen gw masih molor, mungkin semalem dia begadangan nonton tipi. Lirik bbm, misua info kalo bentar lagi berangkat gawe. Ada lagi bbm dari temen di pesawat, dia nanya kemaren ketemu nggak hotelnya. Lumayan tuh anak peduli juga, takut gw nyasar kali ye hehehe..

Dalam hati gw berdoa, moga2 aja nanti cuaca cerah. Satu jam baring2 sambil baca itin. Jam 6 an matahari mulai nongol malu2. Siplah, segitu aja udah bikin gw optimis kalo hari ini cuaca bakalan bersahabat 🙂

Kelar mandi, berdua temen turun ke lantai 2 buat sarapan. Menunya ada telor orak arik, telor ceplok, roti tawar gandum/putih, lengkap dengan selai & butter, kalo mau dipanggang juga ada toasternya. Terus ada sosis ayam, ham oink2, sama chicken rice boiled. Gw pikir bubur, nggak taunya kayak nasi dikuahin gitu. Gw cuma ambil roti 2 tangkup diisi pake telor ceplok-sosis, sama daging ham, satu buat dimakan, satu lagi buat bekel (sstt jangan ditiru, kalo mau niru jangan sampe ketauan) 😀

Oya, disediain juga buah2an kayak rambutan, apel, manggis dll. Untuk minumnya ada orange/pineapple juice, susu kedelai, teh-kopi seduh sendiri. Lumayan lengkap juga.

Kelar sarapan, foto2 dulu di lobi hotel. Terus jalan deh menuju BTS Asok. Di seberang hotel ada apartemen yang di deket gerbangnya ada tempat untuk orang sembahyang. Di beberapa bangunan lain juga terlihat tempat sembahyang serupa.

Di deket stasiun Asok, ada orang2 yang antri. Kirain ada pembagian sembako, nggak taunya mereka antri mau naek ojek! Tertib juga ya 🙂

S0834123_blog

Hari Senin pagi orang lokal dan ekspatriat pada mo berangkat gawe. Hari ini tujuannya mau ke Wat Arun, Wat Pho, Grand Palace dstnya. Sesuai itin kami mesti naek BTS umpel2an bareng orang kantoran, naek dari Asok turun di Siam. Pindah line BTS dari Sukhumvit line ke Silom line, lalu turun di Saphan Taksin.

Sampe sini rada bingung soalnya tadi beli tiketnya cuma sampe Siam, nggak keluar stasiun langsung pindah line dan turun di Saphan Taksin. Karena tau beli tiketnya kurang, kami ngomong ke petugas di pintu exit dan tanya berapa kekurangan yang harus dibayar. Kalo ngalamin hal yang sama, lebih baik tanya dulu sebelum memasukkan tiket di pintu exit. Bisa2 ditangkep karena kurang bayar dan pintunya nggak mau kebuka…iih serem kan?!

CHAO PHRAYA RIVER

Dari Saphan Taksin jalan dikit ke Central Pier (dermaga pusat), naik perahu bendera warna orange menyusuri sungai Chao Phraya, dan turun di N8, dermaga tempat wat2 terkenal itu berada. Ada beberapa jenis perahu yang dibedakan dari warna bendera dan bentuk kapal. Kapal tradisional yang bagus itu khusus turis dan harganya mahal, berhentinya hanya di spot2 turis aja. Kapal bendera orange adalah kapal yang lewat spot turis dan berhenti di beberapa dermaga lain dengan biaya lebih murah sebesar 15 baht. Ada juga kapal bendera warna lainnya yang rutenya tidak berhenti di dermaga yang kita tuju. So, jadi hati2 kalau mau naik kapal, jangan salah naik ya.

Kapalnya bagus dan bersih. Ongkosnya dibayar di atas kapal. Meskipun air sungainya berwarna keruh, tapi bersih dari sampah, dan nggak bau. Nggak berapa lama, sampe di dermaga N8. Turun di sini mesti naek feri untuk nyebrang, karena Wat Arun letaknya di sisi Barat sungai, sedangkan wat yang lain di sisi Timur. Ongkos naik feri cuma 3 baht, wong cuma deket kok. Kelihatan Wat Arun dari seberang, hm bagus juga 🙂

S0351092_blog

S0321089_blog

NYASAR KE ORDINATION HALL

Turun dari kapal langsung masuk ke area Wat Arun. Asyik foto2, gw berdua temen nggak ngeh malah masuk ke Ordination Hall yang lokasinya satu kompleks dengan Wat Arun. Di depan pintu masuknya ada dua patung raksasa, yang warna putih namanya Sahassa Decha, dan yang warna hijau namanya Thosakan (Rahwana).

S0401097_blog

Di dalam Ordination Hall ada patung Niramits Buddha yang dibuat sendiri oleh Raja Rama II, tapi karena di dalam ada karyawan yang sedang sembahyang pagi, gw nggak masuk ke dalam, cuma foto2 aja di luar.

S0641135_blog

Di selasarnya ada Phra Wihan Khot (Gallery of Cloister), jajaran 156 patung Budha berwarna emas dalam posisi Subduing Mara (bersila dengan satu tangan di pangkuan dan satu tangan di paha). Uniknya di bawah tiap patung ada nama dan foto penyumbang patung tsb.

S0531118_blog

Dari sini kami balik lagi, dan belok kanan ke arah Wat Arun. Oya, di sini gw lihat ada beberapa ibu2 yang foto2 pake baju tradisional, sewa seharga 200 baht. Dari celotehannya sih ketauan kalo mereka dari Jawa hehehe… Cuma bagi gw lumayan mahal, jadi gw langsung beli tiket masuk aja seharga 50 baht.

S0032004_blog

WAT ARUN

Yang jaga loket di sini kebanyakan ibu2 yang sudah berumur (tuwir), sama kayak yang di dermaga feri yang jaga juga udah nenek2. Jalan ke Wat Arun kepala gw ndongak. Hm, lumayan curam. Tapi teteup nggak bisa ngalahin curamnya tangga candi Borobudur 😀

S0931181_blog

S0981189_blog

S0961185_blog

S0891172_blog

S0721149_blog

Nama Wat Arun berasal dari Aruna (Dewa Fajar), dan dikenal juga sebagai Temple Of The Dawn (Kuil Fajar), didominasi warna putih mutiara dengan dekorasi kerang dan potongan keramik yang dulu dipake sebagai pemberat bagi kapal-kapal yang berlayar dari Cina ke Bangkok. Prang terbesar adalah simbol dari Mahameru yang dalam dunia kosmologi Hindu Budha, dipercaya sebagai pusat dari segala kekuatan physical, metaphysical dan spiritual, sedangkan keempat prang di sudut sebagai simbol Dewa Angin, Phra Phai. Di setiap prang ada tangga curam dan sempit menuju ke atas melambangkan kesulitan manusia untuk mencapai kehidupan yang lebih tinggi.

Puas ngiterin Wat Arun, kami balik lagi ke tempat feri. Tujuan berikutnya adalah Wat Pho dan Grand Palace yang ada di dermaga N8 tadi.

Lanjut BANGKOK DAY 2 – Wat Pho & Grand Palace yaaa! 😀

Posted in Backpackeran | 2 Comments

BANGKOK Day 1 – Keberangkatan & Chatuchak Market

KEBERANGKATAN

Minggu 21 April 2013, hari yang ditunggu2 pun tiba. Yup, today akhirnya jadi juga dolan ke Bangkok! 😀

Malem sebelumnya udah pesen taksi, biar pagi nggak ribet baru mau cari2. Gw pesen TAXIKU karena taksi ini tarifnya beneran tarif bawah, dan total argonya pasti lebih murah dari taksi2 tarif bawah lainnya. Terus, untuk tujuan bandara Soekarno Hatta uang tolnya gratis lho, lumayan kan… 🙂

Eh kenapa nggak naik bis DAMRI? Jawabannya adalah, karena gw nggak ngerti jam berangkatnya bis DAMRI dari Pasar Minggu, lokasi yang terdekat dari tempat tinggal gw di Kalibata. Lagian, moso gw mesti ke pasming dulu, bolak balik wae.

Demen deh, taksinya on time. Pesen jam 4.15, jam 4 udah standby. Jalan jam 4.25, sampe bandara Terminal3 jam 5.00, lancar banget, masih subuh sih. Total argo 100ribu udah plus tip ceban. Sampe di tekape, wuidiih rame pisan?!? Ternyata ada banyak group/rombongan mau tour gitu. Apa udah musim liburan ya??

Berhubung ogah berdiri umpel2an bareng rombongan itu, gw langsung masuk taruh tas untuk discreening, terus check in. Konter maskapai AA di sebelah udah ada beberapa orang yang antri, sementara di konter Mandala baru ada gw hihi… Kelar check in, gw bbm temen yang udah sampe bandara juga. Tadinya dia niat nunggu 3 orang barengannya, cuma gw males nunggu di bawah, enakan di lantai2 banyak kursi. Jadi kami kucluk2 ke atas, periksa tas lagi di bagian custom, terus duduk manis nunggu panggilan boarding. Oya, di bagian ini udah nggak boleh lagi bawa minuman ya, penumpang pasti disuruh ngabisin air minum di deket bagian custom, atau kalo udah enegh minum ya ditinggal aja. Nggak usah takut kebelet, tersedia toilet yang lumayan bersih dibandingin toilet di Terminal 1-2.

Tepat jam 7 pesawat take off. Kalo gw perhatiin sih interiornya mirip AA jenis Airbus A320, yang beda cuma nama maskapai di bagian luar (yaeyalah). Gebleknya, gw lupa bawa buku buat isi waktu. Lagi berjuang nahan ngantuk, cowok sebelah ngajak ngobrol. Biasalah basa basi, bingung kali liat gw sendirian bengong. Ternyata asyik juga diajak ngobrol, ketawa mulu. Tinggal nahan2 volume suara supaya nggak gengges penumpang laen. Dia pergi bareng keluarganya yang duduk di depan sama samping, mau maen ke Bangkok nengok kakaknya, sekalian jalan2. Jadi enak, sampe bandara langsung dijemput tuh. Sementara gw masih harap2 cemas gimana pas di bandara nanti ya, bakalan nyasar apa kagak nih.

Cape ngobrol si cowok sebelah molor, kepala dijedotin ke kursi depan, mulut nganga hihihi…. gw terpaksa beli minum karena kerongkongan seret bener kebanyakan ngomong. Ya kepaksa beli karena setau gw beli makanan/minuman di pesawat tuh muahal. Bener aja harga sebotol kecil air mineral 330ml aja ceban. Nggak berapa lama kebelet pipis, dan baru sekali ini gw pake toilet pesawat. Duh, sempit amat yak, bener2 cuma bisa berdiri-duduk-kelar-berdiri, nggak bisa balik badan apalagi kayang….”

Balik tempat duduk, giliran mas2 seberang kursi yang nanya2, eh tepatnya sih gw duluan yang nanya, soalnya kok dia udah megang kartu imigrasi aja, kan belon dibagiin pramugari, apa gw kelewat tadi waktu lagi pipis. Tanya punya tanya ternyata si mas2 itu udah sering ke Bangkok, saking seringnya tiap 2 minggu sekali doi terbang ke sana. Oalah….berasa Jakarta Bandung kali. Pucuk dicinta ulam pun tiba. Pasti doi ilmu Bangkoknya udah tinggi dong! Mulailah gw interogasi gimana cara naek kereta dari bandara, gimana simcard BB, gimana kondisi di sana, blablabla.. Dan si mas yang walopun mukanya lempeng, ternyata kalo jelasin panjang lebar juga (tetep dengan muka lempengnya) heheheh… Gw nggak kebagian nanya tinggal manggut2 doank ber-oh-oya-oh gitu 🙂

DITOLONG ORANG

Tiba di bandara Suvarnabhumi pas jam 10.30. Nggak lupa tukeran pin bb sama temen baru yang tadi molor, lumayan kan buat jaga2 kalo ada apa2, minimal ada orang yang gw kenal gitu. Oya, gw kalo pergi2 tuh nggak bawa koper, cuma bawa satu tas backpack aja, jadi bisa langsung lenggang kangkung ke imigrasi. Eits, tetep pake acara celingak celinguk dulu cari petunjuk di mana ke mana, abis bandaranya segede bagong. Dan ternyata si mas wajah lempeng (belakangan gw tau namanya mas Hafiz) ada di depan gw, berarti arah yang gw ambil bener dong hehehe… Kelar imigrasi, sengaja gw berdiri nunggu doi. Pas dia kelar, langsung deh gw samperin sambil nanya, dari bandara dia naek apa. Wah…lega banget waktu dia bilang bareng aja, dia juga naek kereta kok 🙂

Dari imigrasi kita mesti turun ke bawah, kalo nggak salah 2x pake eskalator. Beli tiket di vending machine. Berhubung duit gw masih 1000baht, si mas langsung beliin buat gw sama sodaranya, duuuh baek bener, jadi nggak enak, tapi dienak2in aja deh hehehe..

Oya, kalo dari Suvarnabhumi mau ke tengah kota, ada beberapa pilihan transportasi. Bisa naek taksi atau kereta. Pilihan gw adalah City Line, kereta yang berhenti di tiap stasiun dengan durasi perjalanan sampai stasiun akhir Phaya Thai selama 30 menit seharga 45 baht. Ada juga kereta express yang langsung ke Phaya Thai nggak pake berhenti2 selama 15 menit seharga 150 baht (jadi inget Kereta Sombong jaman kuliah, Jakarta Bogor express). Lumayan kan beda harganya, jadi pastilah gw naek yang murah 🙂

BB2_blog

Keretanya bagus, mirip MRT di Spore. Wuah, kalo aja di Jakarta ada kereta sebagus ini dari bandara ke tengah kota, pasti nyaman banget yak! Udah murah, adem, nyaman, nggak perlu was2 ketinggalan pesawat karena kejebak macet atau banjir.

Nggak lama, sampe deh di stasiun Phaya Thai. Jeng jeng…. nggak kebayang kalo gw menclok di sini sendirian, pasti bingung hihihi, abis stasiunnya luas, mesti turun pindah ke stasiun BTS (monorailnya Bangkok). Di sini gw tuker duit receh, kan nggak enak kalo dibayarin lagi. Cara belinya diajarin sama si mas. Gampang kok, ada gambar rute stasiun BTS, cek stasiun yang mau kita datengin, liat tarifnya, teken angka di vending machine, masukin duit koin, keluar deh tiketnya berupa kartu plastik. Terus gw dikasih tau mesti naik BTS arah Bearing dan turun di stasiun Asok, stasiun terdekat dari hotel.

BB_blog

Sebenarnya tadi si mas ngajakin bareng ke Chatuchak Market, cuma karena gw ke sononya mesti check in hotel dulu en pergi bareng temen yang laen, jadi gw tolak. Nggak lupa gw ngucapin makasih banyak2 karena sudah dibantu jadi nggak nyasar. Doi pun ngomong “Sama2 Mbak, saya senang bisa bantu dan nggak merasa direpotin kok, sesama orang Indonesia harus saling bantu di negara orang.” Duh jadi terharu dengernya… nomer hpnya buru2 gw simpen buat jaga2 kedua.

Di BTS nggak perlu kuatir kebablasan turunnya, karena di dalem ada suara yang kasih info kereta kita lagi menuju ke stasiun mana dalam 2 bahasa, Thai dan Inggris. Jadi dengerin baik2 ya. Di atas pintu juga ada peta rute BTS buat nge cek kira2 berapa lama lagi sampai di tujuan.

Sampai di Asok, gw bengong. Duh, ambil exit mana ya? Soalnya salah ambil exit bisa nyasar nih. Gw samperin petugas di deket pintu loket dan tunjukin peta arah hotel di daerah Sukhumvit. Takutnya dia nggak bisa bahasa Inggris, tapi pasti taulah daerah deket2 situ. Dan bener dugaan gw, dia cuma nunjuk ke kanan sambil ngomong bahasa yang gw kagak mudeng hihihihi….

BB1_blog

BB3_blog

BTS tuh letaknya di atas, kita kudu turun lewat exit sesuai tujuan. Sampe bawah ada mol gede Terminal 21. Nah sampe sini gw bingung lagi. Kebetulan ada tuk2 yang nurunin turis di lobi mol. Tapi si supir pakaiannya rapi. Hm mungkin ini tuk2 khusus dari hotel si turis kali ya. Gw tanya aja arah hotel lewat mana. Eh dia dengan baiknya malah ngajak naek tuk2nya. Gw pasrah aja, paling nanti bayar berapalah, nggak mungkin mahal karena di peta sih keliatannya deket, cuma bingung belok2nya hehehe…

Dan ternyata…doi nganter sampe depan lobi Hotel Best Comfort lho, wuahhh gw pikir cuma diturunin di pinggir jalan. Pas gw tanya berapa duit, doi cuma jawab sambil senyum, “It’s okay Mam, no need to pay. It’s free. Enjoy in Bangkok!” Wuaahhh, baek bener yaa 😀

Gw komat kamit dalam hati, ngucap syukur sama Tuhan, udah dapet berkat dibantu banyak orang hari ini. Kalo nggak ada mereka, mungkin gw masih celingak celinguk bingung di bandara or di stasiun. Thank God 🙂

Sampe hotel Best Comfort, belon ada temen yang lain. Jadi gw ngomong sama conciergenya mau check in sambil nunggu temen. Baru aja nih pantat mo duduk, eh temen2 yang lain nongol. Mereka naik taksi dari bandara Don Mueang. Kelar check in kami belon bisa masuk karena baru jam 12 an. Tapi kami rayu2 dikit agak memelas, bilang kalo mau ke Chatuchak Market, pasar yang cuma ada waktu wiken, takut keburu tutup, kalo bawa2 koper sama gembolan kan rempong banget. Untung aja doi ngerti dan ngebolehin kami masuk ke kamar yang paling gede buat taruh gembolan. Cihuii!

Buru2 deh kami jalan ke mol 21, cari resto yang no oink2 buat makan siang. Kalo gw mah mana2 aja, halal boleh, haram mboten nopo2 hihihi…yang penting kenyang. Abis itu jalan kaki ke MRT/Subway Sukhumvit di bawah BTS Asok, beli tiket berupa token/koin plastik warna item. Tadi orang hotel kasih tahu turunnya di stasiun Kamphaeng Phet dan jangan di Chatuchak, supaya jalannya nggak jauh dan toko2 langsung terpampang nyata di depan mata!

CHATUCHAK/JJ MARKET

Waooww….luasnya nih pasar. Segala dagangan tumpah ruah, mulai dari baju, tas, kain, sarung bantal, pecah belah, makanan, suvenir, barang2 rumah tangga, bumbu masak, bahkan jejeran orang2 yang dipijet juga ada 😀

Rame bener. Bukan cuma turis yang ke sini. Orang lokal juga banyak yang belanja. Dan bukan cuma bule, ternyata orang2 kita juga banyak yang keliaran di sini, jadi berasa di Tanah Abang hehehe..

Skejul gw untuk belanja oleh2 emang cuma di pasar ini, selebihnya dijatahin buat wisata sejarah. Seperti biasa, nggak afdol kalo belanja nggak nawar. Jadi kalo belanja di sini, jangan takut, tawar aja sampe sepertiga/separuh harga. Jangan lupa, nawarnya pake senyum sama kalkulator, karena mereka jarang bisa bahasa Inggris. Kalo nggak dikasih ya cari aja toko laen. Tapi, kalo emang udah suka sama barang itu dan harganya beda2 tipis, gw saranin sih beli aja, soalnya kalo balik lagi nggak bakalan ketemu saking banyaknya toko di sana 😀

Pas cape belanja, pas gw berdua temen ketemu kumpulan tempat jajan. Wahhh, saatnya wiskul! Temen gw langsung pesen coconut ice cream, geser lagi beli seafood pancake, jalan dikit cobain sate ayam (eh dijualnya barengan sate oink), jadi ati2 ya, jangan lupa nanya makanan itu halal atau tidak. Lanjut lagi geser kanan ada sosis2, cumi, lobster, lumpia, es2 buah, duh banyak banget deh 😀

Gw pesen Pad Thai makanan khas sana. Ternyata cuma sejenis kwetiaw, pake toge, kacang, udang. Kalo dari rasa sih, menurut gw lebih enak kwetiaw di Indonesia 🙂

Selesai makan, gw sama temen balik ke stasiun MRT. Kalo bingung arah balik, tanya aja sama penjual di sana, pasti dikasih tau, mending nanya daripada  nyasar. Kaki udah pegel belanja ditambah nyasar, emang enak? 😀

Perjalanan pulang berjalan mulus.  Enak kalo nginep di hotel yang deket sama stasiun BTS atau MRT, jadi nyaman dan hemat kalo mau ke mana2. Deket hotel mampir 7 eleven beli air mineral sama cemilan, soalnya jatah botol minum di hotel mana cukuplah. Sampe hotel, mandi, itung2 pengeluaran, bobo cepet karena besok skejul lebih padat.

See you at BANGKOK Day 2 – Chao Phraya & Wat Arun 🙂

Posted in Backpackeran | 16 Comments

BANGKOK *Motek Daun*

“Ke Bangkok?! Iiih ngapain..? Kan kotor, macet, semrawut, orangnya pada nggak bisa bahasa Inggris…ribet deh…bla bla bla…”

Itu komentar beberapa orang yang gw ajak omong tentang keinginan untuk mengunjungi negara Gajah tsb. Tapi entah kenapa, justru hal itu malah bikin gw jadi tambah penasaran. Soalnya gw baca di twitter kalo negara itu luasnya cuma sepertiga apa separo negara kita, tapi tingkat pariwisatanya amboiii tinggi nian. Kan bikin penasaran tuh, apa sih yang bikin para turis mancanegara demen ke sono *kepo*

S0291086_blog

Mulailah gw browsing cari2 info. Untungnya jaman sekarang semua informasi baik yang bener or rada nggak bener tumplek blek di dunia maya. Tinggal tanya Mbah Googgle, nongol deh link2 yang dicari. Tiket, hotel, tempat2 yang kudu diliat, makanan, transportasi, de el el. Nggak cuma itu, gw juga baca buku traveling koleksi pribadi (nggak banyak kok cuma karangan @ClaudiaKaunang en @TrinityTraveler. Mereka duo wanita yang sukses meracuni otak dan pikiran gw kalo cewek pergi ke LN sendirian itu bisa, so why not hehehe.. *Motek daun: berangkat* 🙂

Tapiii, ada tapinya nih, berhubung mental gw masih mental tempe, kayaknya kok kalo di sana sendirian apa nggak mati gaya ya?! Biasanya tahun2 kemaren bisa jalan bareng mantan pacar, tapi karena doi sibuk banget cari nafkah demi segenggam berlian, mau nggak mau, suka nggak suka gw kudu pergi tanpa dirinya… Karena masih ragu2, status gw menggantung. *Motek daun: belum tentu berangkat* 😦

Seminggu dua minggu lewat, tiba2 nongol status bbm temen kalo doi beli tiket maskapai AA buat ke Bangkok. Wuah boleh juga nih kalo bisa pergi bareng, nggak bakalan mati gaya. Tapi pas browsing…tuiiingg ternyata tiketnya masih mahal bo (menurut ukuran kocek gw sih, beda kali ya sama kocek orang laen). Jiaahh mentah lagi deh planning gw *harap2 cemas motekin daun* 😦

Sebulan dua bulan sampe bulan ke-4, status gw masih galau nungguin tuh maskapai nurunin harga. Eh eh ndilalah…. doa gw didenger sama Yang Di Atas, mantan pacar dapat rejeki tak terduga! Aseeekh, semangat gw nongol lagi buat cari tiket. Cari punya cari, dapetlah tiket untuk tgl yang sama, jam flight beda2 tipis, tapi beda maskapai, lumayan lho bedanya sampe 500ribu! Wuah langsung deh gw embat *Motek daun: berangkat!* 😀

Eh belakangan baru gw ngeh, ternyata bukan cuma beda pesawat, tapi beda bandara juga! Nah lho… *gigit kuku* 😦

Apa daya, tiket udah issued, nekad aja deh, yang penting kan sampe ke negara yang sama hehehe. Abis itu gw kontek temen kalo udah dapet tiket en bisa pergi bareng dia. Doi kok girang bener ya, selidik punya selidik ternyata dia tadinya cuma ngikut 2 orang temennya yang bawa 3 orang temen lagi yang belum dia kenal, tapi nggak taunya karena satu dan lain hal, si 2 orang temen itu malah nggak jadi pergi, jadilah dia harus pergi sama 3 orang temen yang dia nggak kenal itu, eh bingung nggak bacanya?! hehehe…

Dan menurut pengakuan temen gw, dia nggak terlalu paham tentang Bangkok, sama dengan 3 orang lainnya. Jadi teka teki kenapa doi girang bener adalah, dia nggak bakalan nyasar karena ada gw….wekkkss! *jedotin kepala ke tembok*

Yawes deh, moso jadi jiper sih. Karena gw tau kondisinya rawan nyasar di sana, mulailah gw bikin planning untuk ngomongin acara jalan2 ini. Gw ketemuan sama temen sebanyak 3x untuk nyusun itinerary. Karena temen gw sibuk kerja dari Senin-Jumat, kita ketemuan tiap Sabtu. Diawali dengan ngomongin mau nginep dimana, kemana en ngapain aja. Untung temen punya peta Thailand modal minta dari temen yang belon lama balik dari Bangkok.

Pertama buka peta sih masih bego banget, lah nama2 daerah sama jalan di sana kan beribet, susah dibaca hehehe.. Ternyata nggak sia2, hasil browsing sama baca buku bisa dipake untuk nyusun itin. Bagi gw itin ini penting banget, karena gw ogah rugi kalo pergi2 ke suatu tempat tapi nggak jelas mau ngapain. So sekedar masukan, yang mesti diperhatiin kalo mau bikin itin adalah:

1. Budget, penting banget untuk nentuin tempat nginep, jenis transportasi, tempat makan, belanja de el el. Budget tiap orang memang beda2, biasanya bedanya untuk makan dan belanja, karena sesuai selera dan kantong masing2.

2. Penginapan, mau di hostel apa hotel. Sebaiknya di tempat yang dekat dengan sarana transportasi. Maklum low budget, nggak bakalan deh wira wiri naksi (naek taksi), bisa jebol kantong. Karena gw berdua yang nentuin, kita berusaha cari hotel dengan harga terjangkau, dekat stasiun kereta, plus dapet sarapan! Penting lho, karena bisa sarapan kenyang, budget makan siang bisa lebih hemat hehehe…

3. Tempat2 yang mau didatengin, mau wisata sejarah, belanja, ke pantai apa gunung, atau cuma muter2 dalam kota. Gw berdua sama2 suka wisata sejarah, jadi kita utamain dateng ke tempat2 sejarah terkenal di sana. Untuk belanja, sekedarnya ajalah cuma buat beli oleh2. Buat ke-3 temen yang laen justru kebalikannya, mereka lebih suka belanja, dan wisata sejarah cuma sekedarnya aja. It’s oke, selera masing2 kan.

4. Setelah tau mau ke mana aja, cari info gimana caranya pergi ke tempat2 tsb, naek kereta, bis, atau sarana transportasi lain. Sedapat mungkin coba deh transportasi rakyat di negara itu, bareng sama penduduk lokal. Jadi kita bisa ngerasain gimana rasanya jadi orang Bangkok. Di sana enak, kemana2 gampang, karena ada BTS/Monorail dan MRT/Subway. Kita memang sengaja nggak mau naik bis karena kondisi bisnya tidak  sebagus bis2 di Singapore.

5. Ada option2 di luar skejul utama, karena kalo pergi rame2 nggak semua orang cocok dengan itin yang kita buat. Kecuali udah ada kesepakatan dari awal, atau untuk plan B saat plan A nggak bisa dilakukan.

6.Rajin2lah browsing, baca buku atau bertanya pada orang yang pernah ke sana, agar itin yang kita buat tidak melenceng jauh alias mendekati kenyataan kondisi di sana.

7. Usahakan membuat itin yang masuk akal, artinya waktu yang tersedia disesuaikan dengan berapa banyak tempat/kegiatan yang mau dilakukan. Kalo memang tidak kuat jalan kaki seharian, jangan bikin itin yang terlalu padat, karena kondisi di jalan juga kita belum tau, pake acara nyasar apa nggak, macet atau lancar, pake antri lama apa nggak, de el el.

So, setelah itin selesai, mulailah gw packing. Entah kenapa gw seneng mem-planning segala sesuatu *bikin parno* Dan untuk packing aja gw mesti bikin list dulu yang dibagi jadi 7 juga, yaitu:

1. Dokumen2 seperti paspor, tiket & boarding pass, voucher hotel, peta, itinerary, uang negara tujuan, dompet, dan kartu kredit (cuma buat jaga2 aja).

2. Pakaian, sesuai musim saat itu. Kalo negara tropis mah pasti samalah dengan di Indonesia yah, seperti daleman, kaos/blus, jaket buat dipake di pesawat kalo nggak kuat ac, celana panjang, baju tidur, topi.

3. Printilan, kayak peralatan mandi (sebaiknya yang sachet atau botol kecil untuk cairan yang  nggak lebih dari 100ml, di bandara Suvarnabhumi termasuk ketat aturannya. Sebenarnya di hotel kadang disediakan sabun shampo dll, tapi gw nggak pernah sregh pake dari hotel. Terus peralatan sesudah mandi (biasalah cewek), nggak usah semua dibawa, yang penting2 aja. Dua2nya dimasukkan dalam plastik/tas kecil bening yang mudah dicek kalo sewaktu2 diperiksa oleh petugas imigrasi.

4. Gadget, kamera, dan charger2nya. Jangan lupa dicek apa jenis colokan di negara tujuan, kalo di bangkok sih sama dengan di Indonesia.

5. Obat2an, buat jaga2 siapa tahu kecapean jalan terus masuk angin, flu, or demam, or salah makan jadi diare atau sembelit. Jadi nggak perlu repot2 cari obat. Udah si kasir nggak semua bisa bahasa Inggris, kita mesti ngandelin bahasa tubuh buat kasih tau kita sakit apa. Pas diare, gimana kasih taunya coba…..? Jangan lupa, dimasukkin ke plastik/tas bening juga ya.

6. Jangan terlalu banyak bawa barang, jadi waktu kita belanja oleh2 tas kita masih ada ruang untuk belanjaan tsb.

7. Sebelum berangkat, cek sekali lagi bawaan kita apakah sudah sesuai list. Oya, list ini juga berguna lho waktu kita mau balik ke Indonesia, supaya nggak ada barang yang ketinggalan di hotel, repot kan kalo udah sampe bandara ternyata hp or dompet ketinggalan, duhh….

So, setelah semua beres, gw siap berangkat. Nggak lupa berdoa supaya perjalanan lancar dan berjalan sesuai dengan rencana, Amiiin.

BANGKOK, here we come!!! (Lanjut ke Bangkok Day1 – Keberangkatan & Chatuchak Market)

MADAM KWOK Resto @kotakasablanka

Kamis 21 Maret 2013, gw janjian sama temen mau nonton @21shortfilm di Epicentrum Kuningan (Epiwalk). Tapi berhubung acaranya baru mulai jam 1 siang, gw maksi “makan siang” dulu di mol Kota Kasablanka (Kokas), mol yang letaknya nggak jauh dari Epiwalk.

Muter punya muter, akhirnya kami putuskan untuk coba makan di Madam Kwok. Penasaran juga sih, soalnya gw belom pernah makan di resto2 peranakan gitu. Eh gw doang kali ya, kalo 2 temen gw lainnya Yenny dan Patty pasti udah sering, secara mereka kan separuh peranakan. Nggak percaya? Cek aja fotonya hihihihihi….

Kami pilih tempat duduk di luar, biar berasa lega. En kalo ngobrol ketawa ketiwi berisik, nggak nganggu orang laen yang lagi makan, paling yang lewat aja yang keganggu hehehe…

Temanya aja peranakan, so furniturenya bertema rumah etnis Cina Melayu jadoel gitu, kayu berwarna coklat gelap. Tapi ruangannya nggak gelap kok karena diimbangin sama dindingnya yang bermotif batu bata bercat putih. Meskipun dari luar terlihat agak sempit, tapi ternyata di balik tembok putih tsb ada lagi ruangan yang lebih besar. Ada sedikit sentuhan warna hijau pada cermin di atas wastafel, dan pada jendela kaca di bagian dalam. Yang unik di sini adalah hiasan kayu bermotif yang keliatan kontras banget sama dinding putihnya, cantik deh. Gw naksir sama lampunya, nempel di dinding dan melengkung manis tepat di atas meja.

Madam Kwok

Sekarang kita ngomongin menu makanan yang dipesen ya. Kemarin kita pesen appetizernya itu Tahu Kipas Babah seharga 26kk, dan Chicken Wing Bumbu Penang seharga 32kk. Kami semua sepakat kalo Tahu Kipasnya nendang bo. Gimana nggak, di luarnya tuh crispy banget, tapi di dalemnya empuk en gurih, isinya daging ayam cincang dan sayur. Gw doyan banget sama menu ini, makannya dicocol pake saus sambel, hmm mantabhs…

Kalo chicken wing, sizenya mungil2. Jadi becandaan deh, jangan2 ayamnya ayam ABG “ayam baru gede” alias anak ayam hihihihi…. Rasanya manis karena pake saus barbekyu gitu. Yang makan menu ini paling banyak adalah…Patty, abis piringnya deket dia sih hehehehe….

Menu main course yang dipesen Satai Segala Rupa seharga 60kk, dan Sop Buntut Masak Asam Nyonya Kwok seharga  67kk. Satai segala rupa tuh maksudnya sate yang terdiri dari sate ayam, sate udang, dan sate cumi. Makannya dicocol pake sambel kecap or sambel kacang. Gw coba makan sate ayam dan udangnya pake bumbu kacang, soalnya nggak doyan cumi. Dagingnya sudah direndam bumbu rahasia dan agak kenyal, beda dengan sate2 lain yang dagingnya biasanya lebih lunak.

Gw demen kuah sop buntutnya, rasanya asem2 seger gitu, pake resep spesial. Gw cobain makan dagingnya dikit ajah, ntar yang laen nggak kebagian. Bolehlah, cucok di lidah gw. Yang laen juga kayaknya doyan deh, masing2 ngambil pake mangkuk kecil seporsi daging dan kuah.

Untuk dessert, nggak bayar lho. Soalnya kami pake twitter untuk mention madam kwok, dan hadiahnya dessert gretongan (eitts karena masa promo doang heheheh). Masing2 boleh pesen menu yang beda, mantabh kan. Ada menu Cocol Enak seharga 30kk, Sari Rangkayo seharga 32kk, dan Es Sambut Kota Kembang seharga 28kk. Cocol enak itu adalah tape yang ditutup kelapa parut,  disajikan dengan santan dan gula merah. Di atasnya ada es krim vanila ketan hitam dan dark choco. Rasanya asem manis dan gurih, perpaduan dari semua bahan tsb.

Sari Rangkayo adalah custard (puding) yang terbuat dari gula, telur, susu, dikombinasikan dengan pisang dan bahan spesial. Makannya ditemani dengan es krim vanila ketan hitam plus dark choco. Yang ngabisin ini Yenny, secara dia doyan model2 custard gitu hehehe..

Dessert terakhir adalah Es Sambut Kota Kembang, es warna pink yang di dalamnya ada potongan buah kecil2, krim pisang, ditutup dengan es serut yang disiram sirup pisang. Tapi karena perut udah pada nggak kuat nampung, temen gw minta es ini dibungkus aja.

Oya, untuk minumnya kami minta yang refil, teh hitam khas madam kwok. Tehnya terasa kuat sekali, buat yang nggak biasa, bisa pake gula cair yang sudah disediakan.

Perut udah kenyang, perjalanan pun dilanjutkeun, dan sampe Epiwalk ternyata ada juga resto Madam Kwok. Buat yang mau coba menu2 di resto peranakan, silakan dateng aja ke Madam Kwok Resto ya, boleh di Kokas, boleh di Epiwalk, atau boleh juga di cabang terdekat rumah deh 🙂

Madam Kwok Resto

Kota Kasablanka Mall

Food Society Area, Upper Ground FI Unit 19 FU

Jl. Casablanca Raya Kav. 88, Jakarta

Fb : Madam Kwok

twitter: @madam_kwok

Posted in Food | Leave a comment

TEATER KOMA Lakon Sampek Engtay

Flyer-SAMPEK-ENGTAY-RK-500x379Pada suatu hari, ceile…gw iseng browsing2. Eh mendadak nongol flyer pertunjukan Teater Koma (TK) dengan lakon Sampek Engtay. Duluuuu, ya duluu banget jaman baheula, gw pernah nonton  TK bareng temen2 SMA dengan lakon Opera Ular Putih di Taman Ismail Marzuki (TIM) tahun 1994.

Sekali2nya nonton teater, langsung nonton Teater Koma, saat itu pula gw langsung jatuh cinta. Ceritanya meskipun serius, pasti ada dagelannya, konyol, lucu, jadi nggak ngantuk nontonnya. Kostumnya bagus2 deh. Tapi berhubung koceknya anak sekolahan amat sangat terbatas, gw belom bisa nonton lakon2 TK berikutnya, padahal kalo liat dr judul2nya bagus2 deh…sedih..

Baru ada kesempatan nonton TK lagi bulan Juli 2003, waktu itu lakonnya Opera Kecoa. Gw nontonnya bareng pacar (duilee). Lakon ini jugalah yang bikin si pacar ngefans sama TK. Seinget gw pemerannya ada Cornelia Agatha, dan Ria Irawan juga. Pokoke lakon ini keren bener…ciamik!

Berikutnya gw nonton lagi, kali ini bareng mantan pacar (suami) yang dulu ikutan nonton lakon Opera Kecoa. Lakonnya Kenapa Leonardo di TIM Januari 2008. Emang sih gw bukan penikmat teater murni, jadi waktu nonton lakon ini rasanya berat bener, plus ngantuk. Dialog2nya terlalu panjang dan njelimet buat ukuran otak gw yang sedang2 saja hehehe… Tambah lagi kursi di TIM beda sama di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ). Kursinya sempit, tegak, jaraknya rapet2, duh bener2 nggak nyaman. Kondisi seperti itu sukses membuat mata gw terpejam beberapa lama, bikin gw tambah nggak mudeng alur ceritanya. Maaf ya TK, seinget gw emang seperti itu yang gw alamin.

TK_SampekEngtay

Bicara tentang lakon Sampek Engtay, gw cari tiket yang siang, karena takut kejadian dulu keulang lagi, ketiduran hihihi…. akhirnya dapet juga tiket tgl 17 Maret 2013 jam 2 siang. Untung di GKJ, kalo di TIM lagi alamat badan pegel2 deh. Sengaja dateng  agak awal supaya masih bisa liat2 suasana di Tekape (Tempat Kejadian Pertunjukkan hehehe). Banyak penonton dari usia remaja sampai kakek nenek udah dateng, mungkin karena hari libur yah. Ternyata kondisi dalam gedung masih sama waktu lakon Opera Kecoa dimainkan 6 tahun lalu , kirain jadi lebih keren gitu.. ngayal.com.

Selesai menukar bukti transfer pembayaran dengan tiket pertunjukkan, kami masuk ke ruang tunggu. Nggak berapa lama,  kami sudah duduk manis di dalam menunggu pertunjukkan dimulai. Di buku acara disebutkan, kalo lakon Sampek Engtay ini sudah 25 tahun dimainkan. Selain di Jakarta, lakon ini juga dimainkan di berbagai kota besar di Indonesia, yaitu Surabaya, Medan, Semarang, Yogya, Batam, bahkan sampai ke Singapura. Wuih2 baru tahu ai, mantabhs juga.

Teater_Koma1

Ceritanya sbb: Pada jaman itu seorang gadis pada usia tertentu, hidupnya ditakdirkan hanya untuk menunggu dilamar, menikah, dan mengurus keluarga. Pendidikan tidak diperlukan dan dianggap tidak pantas bagi perempuan. Namun ada seorang gadis, Engtay yang tidak puas atas kekangan tradisi tsb. Dia tidak menyerah dan berusaha untuk mendapatkan ijin dari orang tuanya agar bisa sekolah ke Betawi. Karena kecerdikannya, Engtay berhasil pergi ke Betawi untuk menuntut ilmu di sekolah Putra Bangsa dengan menyamar menjadi seorang laki2. Tapi karena satu dan lain hal, dia tidak dijemput oleh kusir dan harus mencari sekolah itu sendiri. Saat itulah dia berkenalan dengan Sampek, pemuda lugu dari Pandeglang. Mereka bahkan mengikat sumpah untuk menjadi saudara dan saling membantu di sekolah tsb.

Seiring berjalannya waktu Engtay jatuh hati pada Sampek, dan begitu Sampek mengetahui bahwa Engtay seorang perempuan, ia pun jatuh hati  pula pada Engtay. Tapi takdir berkata lain, Engtay sudah dijodohkan dengan Macun anak Kapten Liong. Patah hati menyebabkan Sampek sakit keras hingga akhirnya meninggal dunia. Dan Engtay yang sudah bersumpah hanya mencintai Sampek pun akhirnya menghilang di dalam kubur Sampek, tepat pada hari pernikahannya dengan Macun. Dari dalam kubur tsb, keluarlah sepasang kupu2 sebagai simbol mereka berdua.

Teater_Koma2

Cerita cinta ini memang berakhir tragis, tapi bukan Teater Koma namanya kalo tidak ada adegan2 atau celetukan2 konyol yang mengocok perut. Berinteraksi dengan penonton juga jadi salah satu trik mereka untuk menjalin komunikasi dan memancing tawa penonton.

Dari awal sudah ada adegan konyol antara Sang Dalang (Emanuel Handoyo) dan Sukiyu bujangnya Sampek (Dudung Hadi). San Dalang curhat kalo teater cuma bisa dijadikan sebagai pekerjaan sampingan karena honor para pemain parah, belum lagi adanya pencekalan2 pementasan TK di masa lalu oleh pemerintah. Tapi meskipun sulit, mereka tetap hepi. Dialog ini berisi kata2 gaul remaja sekarang seperti “Ciyuus? Kepo deh… Waow, dan Gitu lhooo..” Gw paling ngefans sama si Sukiyu. Suaranya banter banget alias guedhee, padahal doi orangnya imut2 dan amit2 hihihi…

Teater_Koma3

Adegan konyol berikutnya adalah waktu Dalang nongol memberikan narasi melalui tipi 3D, tipi canggih jaman sekarang heheheh… Belum lagi kekonyolan sepak terjang Engtay (Tuti Hartati) di sekolah yang isinya murid laki2 semua. Dia harus mengakali Sampek yang cupu (culun punya alias bodoh) waktu mereka harus tidur sekamar dan seranjang. Pemeran Engtay keren abisss, dia bintangnya pertunjukkan. Suaranya sebagai laki2 pas bener, mungkin karena doi juga bekerja sebagai dubber kali yah. Pemeran Sampek (Ade Firman Hakim) juga lumayan, lumayan cupu hehehe…mungkin karena jam terbang Tuti Hartati lebih tinggi, jadi kualitas aktingnya juga sudah mumpuni.

Penampilan pemain pendukung lainnya juga yahud. Suhiang abdinya Engtay (Andhini Puteri Lestari) lucu, cantik, dan centil banget. Guru di sekolah (Alex Fatahillah) yang selalu mendukung Entay tapi nggak sadar kalo sering diakalin. Nyonya Nio (Rita Matu Mona), emaknya Sampek yang logatnya Batak abiesss. Macun (Pandoyo Adi Nugroho) tunangan Engtay yang cupunya 11-12 sama Sampek, dan bapaknya Macun yaitu Kapten Liong (Rangga Riantiarno) yang tukang maksa, maksa kawin hehehe… Belon lagi kelakuan Ciok, (Budi Ros) ayahnya Engtay yang bentar2 jantungan, bentar2 pingsan, dan nyonya Ciok (Ratna Riantiarno) yang selalu mendukung Engtay.

Cuma satu hal yang gw nggak demen dari pertunjukkan ini, suara petasan waktu kawinannya Engtay, sama suara ledakan waktu kuburnya Sampek kebuka, bener2 bikin gw jantungan sama budegh hehehehe…. Napa nggak pake alat musik aja sih om?! Untung eike bukan bokapnya Engtay…

Teater_Koma4

Tapi terlepas dari suara petasan yang bikin budegh, pertunjukkan kali ini keren. Set panggung yang didominasi warna merah dan emas, bener2 ciri khas dari budaya etnis Cina. Kostumnya bagus2, dan beberapa masih sama dengan kostum pementasan tahun2 sebelumnya untuk lakon yang sama.

Begitu pula para pemusik yang bukan hanya bermain musik, tapi berdialog juga dengan pemain, kesannya nggak kaku gitu lho. Dekor panggungnya efektif, efisien, dan ciamik. Selain ratusan kupu2 di atas panggung, ada kupu2 yang dilempar ke arah penonton. Nah kalo yang ini co cweet, nggak ngagetin kayak petasan hihihihi….

Gw berharap, semoga lakon2 Teater Koma sebelumnya bisa dipentasin lagi, supaya orang2 kayak gw yang dulu belum bisa nonton, punya kesempatan untuk melihat pertunjukkan seni teater yang wokeh punya!

Selamat dan Sukses terus ya Teater Koma!

Note: Foto2 dalam artikel ini sebagian diambil dari buku acara, dan sebagian lagi dari koleksi pribadi (cuma sebelum dan setelah pertunjukkan doang sesuai instruksi hehehe)

TEATER KOMA

“‘Hah, bagi2 buku gratis???”Leksika_KC

“Tiap hari???”

“Yang bener nih?!”

“Gratis beneran, apa cuma diskon?”

“Jangan2 buku yang nggak laku. Pasti buku lama, yang kadang isinya sama covernya nggak nyambung, gajebo gitu…” (nggak jelas bo).

Itu yang ada di pikiran gw waktu baca brosur dari toko buku yang berlokasi di dalam mol Kalibata Square. Please deh, hari gini mana ada sih yang mau kasih gratisan, wong pipis aja bayar kok. Eh kecuali buang angin, itu juga bakalan dipelototin orang kalo tiba2 tanpa suara tercium bau kurang sedap di seputar kita. Apalagi kalo di dalem lift, langsung pura2 bego ikut2an melotot ke yang laen biar nggak dicurigain hihihi…

Penasaran gw datengin tuh toko yang berani2nya nyebarin brosur mo bagi2 buku gratis. Pas masuk, pas pula nemu mas2 manis lagi duduk di bagian Layanan Pelanggan.

“Mas, mau nanya boleh nggak?”

“Oh boleh bu, ada yang bisa dibantu?”

“Begini, saya baca di brosur katanya ada acara bagi2 buku gratis ya? Itu beneran gratis apa masih harus diundi lagi? Soalnya saya kalo ikut undian2 gitu nggak pernah menang Mas…”

Kenapa gw malah curhat sama doi.

“Oh bener kok Bu, di sini memang ada program bagi2 buku gratis setiap hari. Syaratnya cuma daftar dengan KTP dan Ibu sudah bisa  mendapatkan buku gratisnya. Pembagian buku dilakukan 2 sesi, sesi pertama jam 1 siang, dan sesi kedua jam 7 malam.”

“Wah gampang banget!” Mata gw langsung melotot berbinar2, ternyata nggak pake acara diundi2 segala.

“Iya Bu, memang mudah sekali. ”

“Eh tapi jenis bukunya apa ajah nih? Kondisinya buku lama ya?! Atau buku yang kurang laku gitu?!”

“Hehehe…tidak kok Bu. Buku2 yang dibagikan semuanya buku baru. Jenisnya macam2, ada buku novel, buku motivasi, buku kesehatan, buku anak2, majalah, dll.”

“Kenapa ya ngadain program bagi2 buku gratis tiap hari? Apa nggak rugi Mas?!”

“Setahu saya toko buku kami mengadakan program ini karena kami tidak menjual buku secara diskon, dan sampai saat ini Alhamdullilah kami tidak mengalami kerugian Bu.”

Leksika_foto1

“Wah hebat ya, mana ada toko buku yang punya program kasih buku gratis, tiap hari lagi.”

“Kami berusaha yang terbaik Bu, karena dengan adanya program ini, banyak orang mulai mengenal toko buku kami, dan juga sering berkunjung untuk membeli keperluan sekolah atau kantor.”

“Oh gitu toh.. Eh Mas, berapa kali saya bisa dapetin buku gratis ini, apa cuma sekali doang?!”

“Setiap orang bisa mendapatkan buku gratis minimal 7 hari Bu, jadi misalkan Ibu ambil buku hari ini, 7 hari kemudian Ibu bisa antri lagi untuk mendapatkan buku berikutnya.”

“Wow, jadi tiap minggu saya bisa dapat buku gratis? Sebulan bisa dapet 4 buku dong! Heheheh..  Tapi gimana saya bisa tahu buku apa yang bakal dibagi hari itu Mas?”

“Kalau Ibu punya twitter, bisa follow twitter kami di @Leksika_KC atau di fanpage kami di Leksika Kalibata City.

“Wah boleh juga tuh, jadi saya nggak perlu tiap hari turun ke bawah buat nge-cek buku gratis ya..”

“Benar sekali Ibu. Jadi bagaimana, apa Ibu mau daftar sekarang atau…?”

“Oh ya sekarang dong Mas,  masa tahun depan heheheheh…”

Wah pucuk dicinta ulam pun tiba. Sebelum balik Jakarta, sebenernya gw berat banget ninggalin perpustakaan di deket rumah di Solo. Koleksinya lumayan banyak, bisa pesen pula judul buku yang belum ada yang kita mau baca. Selama ini sih belum pernah nemuin perpustakaan kayak gitu. Nah, saking demennya baca buku namun apa daya dana terbatas, gw browsing perpustakaan2 di Jakarta. Tapi ternyata ribet bener, masalahnya KTP bukan DKI, terus domisili baru pindah. Tambah lagi jarak perpustakaannya lumayan jauh2, mesti berjuang ngadepin macet pula…duuh udah males duluan deh.

Dan tiba2 sekonyong2 di depan mata, ada toko buku yang baik hati bagi2 buku gratis tiap hari! Wuiih kebayang kan hepinya gw.

“Silakan diisi form kecil ini ya Bu, Saya pinjam KTP nya sebentar untuk diinput datanya. Setelah itu Ibu bisa langsung antri untuk mendapatkan buku gratis siang ini. Karena peminatnya cukup tinggi, biasanya harus antri sebelum jam pembagian buku.”

“Oh gitu toh. Oke deh saya antri sekarang ajah. Makasih banyak ya Mas.”

“Sama2 Bu.”

Terus gw jalan ke bagian ujung toko untuk ikutan antri. Hm, ternyata masuk ke dalam lumayan luas juga tokonya. Ada sudut untuk buku anak, lengkap dengan meja dan kursi2 kecil yang bermotif kartun. Lucu deh, bikin anak2 jadi betah lihat2 koleksi buku. Koleksi untuk orang dewasa juga lengkap banget, bahkan ada juga beberapa dudukan untuk sekedar membaca. Wah asyik nih, kalo di toko buku lain kan nggak bisa duduk semenit pun, pasti langsung disamperin deh heheheh…..

Di bagian peralatan kantor dan perlengkapan sekolah juga lengkap, pantesan tadi lihat orang2 kantoran pada sibuk blanja blanji di sini, mo printer, mo tas, mo beli kado, ada semua deh!

Leksika_foto2

Sampai spot antrian ternyata udah ada beberapa orang, tapi karena mereka dengan santainya duduk ngejogrok di lantai, dari jauh nggak kelihatan hehehe.. Bukan cuma anak  muda, ada ibu2, bapak2, bahkan nenek2 dan kakek2 lho! Wah2 peminatnya banyak ternyata. Hmm seandainya di Indonesia ada banyak toko buku yang baik hati seperti Leksika, pasti rakyat Indonesia jadi lebih banyak yang doyan baca ya!

Nah, itu sepenggal cerita  setahun yang lalu waktu gw baru pindah domisili ke Kalibata City. Dan sekarang rak buku gw udah penuh lho, hasil dari buku2 gratis toko buku Leksika (lihat foto deh), mantabs kan hehehe….

Hobi baca gw masih bisa tersalurkan, berkat kebaikan hati toko buku Leksika di Kalibata City.

Leksika Kalibata City, toko buku paling the best deh! Terima kasih ya!