BANGKOK Day 1 – Keberangkatan & Chatuchak Market

KEBERANGKATAN

Minggu 21 April 2013, hari yang ditunggu2 pun tiba. Yup, today akhirnya jadi juga dolan ke Bangkok! 😀

Malem sebelumnya udah pesen taksi, biar pagi nggak ribet baru mau cari2. Gw pesen TAXIKU karena taksi ini tarifnya beneran tarif bawah, dan total argonya pasti lebih murah dari taksi2 tarif bawah lainnya. Terus, untuk tujuan bandara Soekarno Hatta uang tolnya gratis lho, lumayan kan… 🙂

Eh kenapa nggak naik bis DAMRI? Jawabannya adalah, karena gw nggak ngerti jam berangkatnya bis DAMRI dari Pasar Minggu, lokasi yang terdekat dari tempat tinggal gw di Kalibata. Lagian, moso gw mesti ke pasming dulu, bolak balik wae.

Demen deh, taksinya on time. Pesen jam 4.15, jam 4 udah standby. Jalan jam 4.25, sampe bandara Terminal3 jam 5.00, lancar banget, masih subuh sih. Total argo 100ribu udah plus tip ceban. Sampe di tekape, wuidiih rame pisan?!? Ternyata ada banyak group/rombongan mau tour gitu. Apa udah musim liburan ya??

Berhubung ogah berdiri umpel2an bareng rombongan itu, gw langsung masuk taruh tas untuk discreening, terus check in. Konter maskapai AA di sebelah udah ada beberapa orang yang antri, sementara di konter Mandala baru ada gw hihi… Kelar check in, gw bbm temen yang udah sampe bandara juga. Tadinya dia niat nunggu 3 orang barengannya, cuma gw males nunggu di bawah, enakan di lantai2 banyak kursi. Jadi kami kucluk2 ke atas, periksa tas lagi di bagian custom, terus duduk manis nunggu panggilan boarding. Oya, di bagian ini udah nggak boleh lagi bawa minuman ya, penumpang pasti disuruh ngabisin air minum di deket bagian custom, atau kalo udah enegh minum ya ditinggal aja. Nggak usah takut kebelet, tersedia toilet yang lumayan bersih dibandingin toilet di Terminal 1-2.

Tepat jam 7 pesawat take off. Kalo gw perhatiin sih interiornya mirip AA jenis Airbus A320, yang beda cuma nama maskapai di bagian luar (yaeyalah). Gebleknya, gw lupa bawa buku buat isi waktu. Lagi berjuang nahan ngantuk, cowok sebelah ngajak ngobrol. Biasalah basa basi, bingung kali liat gw sendirian bengong. Ternyata asyik juga diajak ngobrol, ketawa mulu. Tinggal nahan2 volume suara supaya nggak gengges penumpang laen. Dia pergi bareng keluarganya yang duduk di depan sama samping, mau maen ke Bangkok nengok kakaknya, sekalian jalan2. Jadi enak, sampe bandara langsung dijemput tuh. Sementara gw masih harap2 cemas gimana pas di bandara nanti ya, bakalan nyasar apa kagak nih.

Cape ngobrol si cowok sebelah molor, kepala dijedotin ke kursi depan, mulut nganga hihihi…. gw terpaksa beli minum karena kerongkongan seret bener kebanyakan ngomong. Ya kepaksa beli karena setau gw beli makanan/minuman di pesawat tuh muahal. Bener aja harga sebotol kecil air mineral 330ml aja ceban. Nggak berapa lama kebelet pipis, dan baru sekali ini gw pake toilet pesawat. Duh, sempit amat yak, bener2 cuma bisa berdiri-duduk-kelar-berdiri, nggak bisa balik badan apalagi kayang….”

Balik tempat duduk, giliran mas2 seberang kursi yang nanya2, eh tepatnya sih gw duluan yang nanya, soalnya kok dia udah megang kartu imigrasi aja, kan belon dibagiin pramugari, apa gw kelewat tadi waktu lagi pipis. Tanya punya tanya ternyata si mas2 itu udah sering ke Bangkok, saking seringnya tiap 2 minggu sekali doi terbang ke sana. Oalah….berasa Jakarta Bandung kali. Pucuk dicinta ulam pun tiba. Pasti doi ilmu Bangkoknya udah tinggi dong! Mulailah gw interogasi gimana cara naek kereta dari bandara, gimana simcard BB, gimana kondisi di sana, blablabla.. Dan si mas yang walopun mukanya lempeng, ternyata kalo jelasin panjang lebar juga (tetep dengan muka lempengnya) heheheh… Gw nggak kebagian nanya tinggal manggut2 doank ber-oh-oya-oh gitu 🙂

DITOLONG ORANG

Tiba di bandara Suvarnabhumi pas jam 10.30. Nggak lupa tukeran pin bb sama temen baru yang tadi molor, lumayan kan buat jaga2 kalo ada apa2, minimal ada orang yang gw kenal gitu. Oya, gw kalo pergi2 tuh nggak bawa koper, cuma bawa satu tas backpack aja, jadi bisa langsung lenggang kangkung ke imigrasi. Eits, tetep pake acara celingak celinguk dulu cari petunjuk di mana ke mana, abis bandaranya segede bagong. Dan ternyata si mas wajah lempeng (belakangan gw tau namanya mas Hafiz) ada di depan gw, berarti arah yang gw ambil bener dong hehehe… Kelar imigrasi, sengaja gw berdiri nunggu doi. Pas dia kelar, langsung deh gw samperin sambil nanya, dari bandara dia naek apa. Wah…lega banget waktu dia bilang bareng aja, dia juga naek kereta kok 🙂

Dari imigrasi kita mesti turun ke bawah, kalo nggak salah 2x pake eskalator. Beli tiket di vending machine. Berhubung duit gw masih 1000baht, si mas langsung beliin buat gw sama sodaranya, duuuh baek bener, jadi nggak enak, tapi dienak2in aja deh hehehe..

Oya, kalo dari Suvarnabhumi mau ke tengah kota, ada beberapa pilihan transportasi. Bisa naek taksi atau kereta. Pilihan gw adalah City Line, kereta yang berhenti di tiap stasiun dengan durasi perjalanan sampai stasiun akhir Phaya Thai selama 30 menit seharga 45 baht. Ada juga kereta express yang langsung ke Phaya Thai nggak pake berhenti2 selama 15 menit seharga 150 baht (jadi inget Kereta Sombong jaman kuliah, Jakarta Bogor express). Lumayan kan beda harganya, jadi pastilah gw naek yang murah 🙂

BB2_blog

Keretanya bagus, mirip MRT di Spore. Wuah, kalo aja di Jakarta ada kereta sebagus ini dari bandara ke tengah kota, pasti nyaman banget yak! Udah murah, adem, nyaman, nggak perlu was2 ketinggalan pesawat karena kejebak macet atau banjir.

DSCF0941_blog

Nggak lama, sampe deh di stasiun Phaya Thai. Jeng jeng…. nggak kebayang kalo gw menclok di sini sendirian, pasti bingung hihihi, abis stasiunnya luas, mesti turun pindah ke stasiun BTS (monorailnya Bangkok). Di sini gw tuker duit receh, kan nggak enak kalo dibayarin lagi. Cara belinya diajarin sama si mas. Gampang kok, ada gambar rute stasiun BTS, cek stasiun yang mau kita datengin, liat tarifnya, teken angka di vending machine, masukin duit koin, keluar deh tiketnya berupa kartu plastik. Terus gw dikasih tau mesti naik BTS arah Bearing dan turun di stasiun Asok, stasiun terdekat dari hotel.

BB_blog

Sebenarnya tadi si mas ngajakin bareng ke Chatuchak Market, cuma karena gw ke sononya mesti check in hotel dulu en pergi bareng temen yang laen, jadi gw tolak. Nggak lupa gw ngucapin makasih banyak2 karena sudah dibantu jadi nggak nyasar. Doi pun ngomong “Sama2 Mbak, saya senang bisa bantu dan nggak merasa direpotin kok, sesama orang Indonesia harus saling bantu di negara orang.” Duh jadi terharu dengernya… nomer hpnya buru2 gw simpen buat jaga2 kedua.

Di BTS nggak perlu kuatir kebablasan turunnya, karena di dalem ada suara yang kasih info kereta kita lagi menuju ke stasiun mana dalam 2 bahasa, Thai dan Inggris. Jadi dengerin baik2 ya. Di atas pintu juga ada peta rute BTS buat nge cek kira2 berapa lama lagi sampai di tujuan.

Sampai di Asok, gw bengong. Duh, ambil exit mana ya? Soalnya salah ambil exit bisa nyasar nih. Gw samperin petugas di deket pintu loket dan tunjukin peta arah hotel di daerah Sukhumvit. Takutnya dia nggak bisa bahasa Inggris, tapi pasti taulah daerah deket2 situ. Dan bener dugaan gw, dia cuma nunjuk ke kanan sambil ngomong bahasa yang gw kagak mudeng hihihihi….

BB1_blog

BB3_blog

BTS tuh letaknya di atas, kita kudu turun lewat exit sesuai tujuan. Sampe bawah ada mol gede Terminal 21. Nah sampe sini gw bingung lagi. Kebetulan ada tuk2 yang nurunin turis di lobi mol. Tapi si supir pakaiannya rapi. Hm mungkin ini tuk2 khusus dari hotel si turis kali ya. Gw tanya aja arah hotel lewat mana. Eh dia dengan baiknya malah ngajak naek tuk2nya. Gw pasrah aja, paling nanti bayar berapalah, nggak mungkin mahal karena di peta sih keliatannya deket, cuma bingung belok2nya hehehe…

Dan ternyata…doi nganter sampe depan lobi Hotel Best Comfort lho, wuahhh gw pikir cuma diturunin di pinggir jalan. Pas gw tanya berapa duit, doi cuma jawab sambil senyum, “It’s okay Mam, no need to pay. It’s free. Enjoy in Bangkok!” Wuaahhh, baek bener yaa 😀

Gw komat kamit dalam hati, ngucap syukur sama Tuhan, udah dapet berkat dibantu banyak orang hari ini. Kalo nggak ada mereka, mungkin gw masih celingak celinguk bingung di bandara or di stasiun. Thank God 🙂

Sampe hotel Best Comfort, belon ada temen yang lain. Jadi gw ngomong sama conciergenya mau check in sambil nunggu temen. Baru aja nih pantat mo duduk, eh temen2 yang lain nongol. Mereka naik taksi dari bandara Don Mueang. Kelar check in kami belon bisa masuk karena baru jam 12 an. Tapi kami rayu2 dikit agak memelas, bilang kalo mau ke Chatuchak Market, pasar yang cuma ada waktu wiken, takut keburu tutup, kalo bawa2 koper sama gembolan kan rempong banget. Untung aja doi ngerti dan ngebolehin kami masuk ke kamar yang paling gede buat taruh gembolan. Cihuii!

DSCF0942_blog

DSCF0944_blog

Buru2 deh kami jalan ke mol 21, cari resto yang no oink2 buat makan siang. Kalo gw mah mana2 aja, halal boleh, haram mboten nopo2 hihihi…yang penting kenyang. Abis itu jalan kaki ke MRT/Subway Sukhumvit di bawah BTS Asok, beli tiket berupa token/koin plastik warna item. Tadi orang hotel kasih tahu turunnya di stasiun Kamphaeng Phet dan jangan di Chatuchak, supaya jalannya nggak jauh dan toko2 langsung terpampang nyata di depan mata!

DSCF1016_blog

DSCF1017_blog

DSCF1018_blog

CHATUCHAK/JJ MARKET

Waooww….luasnya nih pasar. Segala dagangan tumpah ruah, mulai dari baju, tas, kain, sarung bantal, pecah belah, makanan, suvenir, barang2 rumah tangga, bumbu masak, bahkan jejeran orang2 yang dipijet juga ada 😀

Rame bener. Bukan cuma turis yang ke sini. Orang lokal juga banyak yang belanja. Dan bukan cuma bule, ternyata orang2 kita juga banyak yang keliaran di sini, jadi berasa di Tanah Abang hehehe..

DSCF0959_blog

DSCF0953_blog

Skejul gw untuk belanja oleh2 emang cuma di pasar ini, selebihnya dijatahin buat wisata sejarah. Seperti biasa, nggak afdol kalo belanja nggak nawar. Jadi kalo belanja di sini, jangan takut, tawar aja sampe sepertiga/separuh harga. Jangan lupa, nawarnya pake senyum sama kalkulator, karena mereka jarang bisa bahasa Inggris. Kalo nggak dikasih ya cari aja toko laen. Tapi, kalo emang udah suka sama barang itu dan harganya beda2 tipis, gw saranin sih beli aja, soalnya kalo balik lagi nggak bakalan ketemu saking banyaknya toko di sana 😀

DSCF0965_blog

DSCF0975_blog

DSCF0979_blog

DSCF0970_blog

Pas cape belanja, pas gw berdua temen ketemu kumpulan tempat jajan. Wahhh, saatnya wiskul! Temen gw langsung pesen coconut ice cream, geser lagi beli seafood pancake, jalan dikit cobain sate ayam (eh dijualnya barengan sate oink), jadi ati2 ya, jangan lupa nanya makanan itu halal atau tidak. Lanjut lagi geser kanan ada sosis2, cumi, lobster, lumpia, es2 buah, duh banyak banget deh 😀

DSCF0996_blog

Gw pesen Pad Thai makanan khas sana. Ternyata cuma sejenis kwetiaw, pake toge, kacang, udang. Kalo dari rasa sih, menurut gw lebih enak kwetiaw di Indonesia 🙂

Selesai makan, gw sama temen balik ke stasiun MRT. Kalo bingung arah balik, tanya aja sama penjual di sana, pasti dikasih tau, mending nanya daripada  nyasar. Kaki udah pegel belanja ditambah nyasar, emang enak? 😀

Perjalanan pulang berjalan mulus.  Enak kalo nginep di hotel yang deket sama stasiun BTS atau MRT, jadi nyaman dan hemat kalo mau ke mana2. Deket hotel mampir 7 eleven beli air mineral sama cemilan, soalnya jatah botol minum di hotel mana cukuplah. Sampe hotel, mandi, itung2 pengeluaran, bobo cepet karena besok skejul lebih padat.

See you at BANGKOK Day 2 – Chao Phraya & Wat Arun 🙂

This entry was posted in Backpackeran. Bookmark the permalink.

16 Responses to BANGKOK Day 1 – Keberangkatan & Chatuchak Market

  1. Theresia Puji S. says:

    Cakep…..so detailed!!

  2. yennyw says:

    berguna bangettttttttt.. jd punya bayangan kalo mo ke bangkok sama hubby 😀

  3. Annisa says:

    Mbak Best Comfort itu recommended ga yaa? Aku rencana mau ambil excecutive suite yg 2BR nanti utk agustus hehe boleh jelasin gaa jdnya dr BTS Asoke itu kemana?

    • sandrahadjoh says:

      Rekomen bangettttt, yang executive 2BR tuh guedeee lho, ada living room sama kitchen, kamarnya juga gede2, asyik buat share cost rame2 😀 Udah gitu sarapannya nendang buat org Indo, maklum bukan perut bule yang sarapan cuma buat syarat heheheh :p
      Kalo dari BTS Asoke itu, mbak bisa turun di exit 1, jalan ke lobi samping kanan mol Terminal21, ambil arah kanan (jalan besar) ada 7 eleven di kanan. Jalan lurus kira2 sejauh 50 meter sampe lewatin 7 eleven kecil di kiri (ini 7 eleven kedua ya), ketemu perempatan jalan kecil belok kiri, jalan kira2 10 meter, tuh hotel ada di kanan jalan, gampang banget deh. Met jalan2 yaaa, thanks for reading my blog 🙂

      • Annisa says:

        Ihiy makasih Mbak udah jawab dgn jelas sejelas-jelasnya 😀
        Waktu itu Mbak bookingnya langsung apa via agoda gitu?

      • sandrahadjoh says:

        Sama2 Mbak Annisa, senang bisa membantu 🙂
        Waktu itu bookingnya via agoda, lumayan suka ada promo2nya jadi bisa lebih murah hehehe…

  4. Fathul says:

    I like the way it’s shared 😀
    Perjalanan backpacking yg hampir sama dngn saya, berjamaah hihi..
    Cuma bedanya, sy gak ke JJ market nih, soalnya cuma sampe Jumat T.T tanggung banget kan? :\

    But, overall, nice review Sandrahadjoh 🙂

    • sandrahadjoh says:

      Wow thank you so much mas Fathul for reading my blog 🙂
      Emang seru banget ya kalo jjs berjamaah, ada2 aja kejadiannya hehehe…
      Sayang juga nggak sampe ke JJ market, tapi kan bisa jadi alesan buat besok2 ke Bkk lagi hahaaha 😀

      Minta ijin baca blognya yaa 😀

      • Fathul says:

        Kalo berjamaah, nyasar pun gpp, malah di sana serunya 😀

        Yaps, bener banget, uang bahtnya pun masih ada sisa, tanda2 harus balik ke Bkk lagi 😀
        Silahkan

  5. sandrahadjoh says:

    Hahaha…betul2, nyasar asal berjamaah kagak berasa nyasar (cuma nggak nemu2 aja) hihihi 😀
    Sol sepatu temen ampe jebol dua2nya krn kebanyakan jalan, cuma nggak saya masukin di blog, takut malu 🙂
    Kalo ke sana lagi, ditunggu lho lanjutan cerita Bkk nya 🙂

    • Fathul says:

      Hihi jangan diekspos yg terlalu “memalukan” 😀
      Aamiin, mudah2an tercapai impian ke Bangkok lagi.
      Siap, siap, masih proses mw nulis yg day 2-4 dulu nih mbak…

  6. sandrahadjoh says:

    Aaaminnn, cemungudh eaaa!…. 😀

  7. fany says:

    mbak..senang sekali baca blog nya.. mau nanya, klo dari don mueang ke grand palace begitu pun sebaliknya pk apa?
    dan 1 lagi, kalau dari don mueang ke chatucak, begitupun sebaliknya pake apa jg? makasih yaaa, maaf merepotkan.. :))

    • sandrahadjoh says:

      Wah makasih ya Fany udh mo baca blogku 🙂 Kemarin saya nemploknya di suvarnabhumi dan bkn di don mueang. Aku coba cek link airportnya, di situ ada info bisa naik bis no. 59 yg rutenya lewat Chatuchak sampai Khao San Road (sdh dekat dgn kawasan Grand Plc), trus lanjut jln kaki kl kuat atau naik tuk2. Utk lbh jelasnya bisa klik kata “don mueang” di posting Bangkok Day 4 Pulang 🙂

Leave a comment